Minggu, 08 Juli 2012

soal manajemen investasi


1.      Apakah yang dimaksud  dengan pasar modal?jelakan fungsinya dalam menunjang perekonomian.
Pasar modal adalah pertemuan antara pihak yang memilih kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan dana dengan cara memperjualbelikan sekuritas.
Funsinya pasar modal dapat menghubungkan pihak yang membutuhkan  dana dengan pihak yang mempunyai kelebian dana sehingga dapat menunjang perekonomian.

2.      Apa fungsi Bapepam di pasar modal Indonesia ?
Membina, mengatur, dan mengawasi sehari-hari kegiatan pasar modal serta merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis di bidang lembaga keungan.
3.      Sebutkan manfaat yang bisa diperoleh perusahaan yang melakukan go public.
·         Memperoleh sumber pendanaan baru
·         Memberikan competitip anvantage untuk pengembangan usaha
·         Dapat melakukan merger atau akuisisi perusahaan lain dengan pembiayaan  penerbit saham baru
·         Peningkatan kemampuan going concem
·         Meningkatkan citra perusahaan
·         Meningkatkan nilai perusahaan

4.      Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai Initial Public Offering (IPO).
Penjualan sekuritas oleh perusahaan yang dilakukan pertama kalinya dan kemudian sekuritas di perjualbelikan oleh investor-investor di pasar sekunder/pasar reguler.
5.      Apa maksudnya dengan penawaran umum obligasi II.
6.      Jelaskan peran bursa efek.
Merupakan system dan/ atau sarana untuk mempertemukan order jual dan order beli anggota bursa atas efek yang tercatat di bursa, dimana pelaksanaan  order-order tersebut dilakukan oleh anggota bursa dengan tujuan memperdagangkan efek tersebut baik untuk kepentingan nasabahnya maupun untuk kepentingan dirinya sendiri.
7.      Uraikan masing-masing Self Regulatory Organization (SRO).
BEI
Lembaga Kliring Dan Pinjaman (LKP) : pihak yg menyelenggarakan jasa kliring dan pinjaman transaksi bursa agar terlaksana secara teratur, wajar, dan efisien.
Lembaga Penyimpanan Dan Penyelesaiaan (LPP) : pihak yang menyelenggarakan kegiatan custodian sentral bagi bank custodian, perusahaan efek, dan pihak lain.
8.      Jelaskan tiga kegiatan oleh perusahaan efek.
·         Penjamin emisi efek => salah satu aktivitas pada perusahaan efek yang melakukan kontrak dengan emiten untuk melaksanakan penawaran umum dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa efek yg tdk terjual ( full commitment and non full commitment ).
·         perantara pedagang efek => salah satu aktivitas pada perusahaan efek yang melakukan kegiatan usaha jual beli efek untuk kepentingan sendiri atau pihak lain.
·         Manajemen investasi => pihak yang kegiatan usahanya  mengelola portofolio  efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi colektif untuk kelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pension, dan bank yg melakukan sendiri kegiatan usahanya sesuai dg undang-undang yg berlaku.
9.      Sebutkan beberapa lembaga dan profesi penunjang pasar modal yang anda ketahui. Jelaskan pula peran masing-masing lembaga dan profesi penunjang tersebut.
Lembaga penunjang pasar modal :
·         Biro administrasi efek berperan sebagai pihak yang berperan melaksanakan pencatatan pemilikan efek pembagian hak yang berkaitan dengan efek.
·         Custodian, berperan sebagai pihak yang memberikan jasa penitipan efek dan harta lain berkaitan dengan efek serta jasa lain,menerima dividen, bunga, dan hak lain, menyelesaikan transaksi efek, dan mewakili pemegang rekening yg menjadi nasabnya.
·         Wali amanat, sebagai pihak yang mewakili kepentingan pemegang efek bersifat uang.
·         Penasihat investasi, sebagai pihak yg member nasihat kpd pihak lain mengenai penjualan atau pembelian efek.
·         Pemeringat efek, sebagai lembaga yg menjembatani kesenjangan informasi antara emiten dan investor dg menyediakan informasi standar atas tingkat risiko kredit suatu perusahaan.
Profesi penunjang pasar modal :
·         Akuntan public membantu emiten dalam penyususan prospectus dan laporan tahunan.
·         Notaries berperan ketika emiten, perusahaan sekuritas, dan pihak-pihal lainnya menyusun anggaran dasar dan kontrak-kontrak kegiatan.
·         Konsultan hokum membantu dalam melakukan kegiatannya agar sesuai dan tidak melanggar ketentuan yg berlaku.
·         Perusahaan penial berperan dalam penentuan nilai wajar atas suatu aktiva prusahaan dalam peruses emisi.
10.  Jelaskan perbedaan antara pasar perdana dan pasar sekunder.
Pasar perdana => terjadi pada saat perusahaan emiten menjual sekuritasnya kepada investor umum untuk pertama kalinya, sedangkan pasar sekunder => tempat perdagangan atau jual beli sekuritas oleh dan antar investor setelah sekuritas emiten di jual di pasar perdana.
11.  “transaksi di pasar sekunder tidak memberikan pengaruh bagi emiten.” Setujukah saudara dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasan saudara.
Setuju, karena transaksi yg dilakukan investor di pasar sekunder tdk akan memberikan tambahan dana lagi bagi perusahaan yg menerbitkan sekuritas (emiten), dan transaksi hanya terjadi antar investor saja bukan dg perusahaan.
12.  Bagaimana investor dapat membeli sekuritas di pasar perdana?
Sebelim investor membeli sekuritas di pasar perdana, investor harus mengetahui informasi yg di berikan pasar perdana mengenai kondisi perusahaan sehingga investor bisa mengetahui prospek perusahaan di masa datang.
13.  Bagaimana investor dapat bertransaksi di pasar sekunder?
Transaksi investor di pasar sekunder dapat di lakukan di dua jenis pasar, yaitu :
Pasar lelang. Transaksi antara pembeli dan penjual menggunakan perantara broker yg mewakili masing-masing pihak pembeli maupun penjual.
Pasar negosiasi. Transaksi Pembeli dan penjual berhubungan secara langsung satu dg lainya melalui komunikasi.
14.  Apakah praksi harga itu dan fungsinya dalam perdagangan sekuritas?
15.  Jelaskan masing-masing kelomppok pialang.
·         Full-service brokers. Pialang ini menyediakan sarana investasi dan strategi investasi yg sekiranya tepat bagi investor.
·         Deep-discount brokers. Pialang ini menyediakan layanan pada pemeliharaan rekening dan eksekusi pesanan membeli atau menjual.
·         Discount brokers. Pialang ini menyediakan di antara layanan yg disediakan oleh kedua jenis pialang lainya.
16.  Apa yang dimaksud dengan transaksi margin?
Transaksi margin pada dasarnya adalah transaksi yang difasilitasi perusahaan broker atau perusahaan efek, di mana investor membuka rekening efek. Artinya, perusahaan broker memberikan fasilitas pinjaman (baca: margin) kepada investor tertentu yang dinilai memenuhi kriteria untuk menambah investasi dalam transaksi saham.
17.  Anggap investor mempunyai Rp 20 juta tunai dalam rekening perdagangan dengan pernyataan margin awal 70 %. Beberapa oder terbesar yang dapat di pasang oleh investor ?
Karena Pernyataan margin 70% maka investor harus menyerahkan 70% dari total investasinya. Total investasi Rp 20 juta dibagi 0.7 sama dengan Rp 28.571.428,57
18.  Apa yang di maksud dengan short selling.
Short selling adalah penjualan saham bahwa penjual tidak sendiri. Lebih khusus lagi, penjualan pendek adalah penjualan keamanan yang tidak dimiliki oleh penjual, tapi yang dijanjikan harus diberikan.
19.  Anggap seorang investor melakukan short sale 6000 lembar saham pada harga Rp 750 per lembar. Dua bulan kemudian investor menutup short sale-nya. Pada waktu itu saham di jual pada harga Rp 800 per lembar. Berapa banyak keuntungn atau kerugian investor ?

20.  Tunjukan macam-macam indeks harga saham di Indonesia dan apa perbedaanya satu dengan lainnya?
·         Indeks individual, menggunakan indeks harga masing-masing saham terhadap harga dasarnya, atau indeks masing-masing saham yang tercatat di BEI.
·         Indeks Harga Saham Sektoral, menggunakan semua saham yang termasuk dalam masing-masing sektor, misalnya sektor keuangan, pertambangan, dan lain-lain.
·         Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG (Composite Stock Price Index), menggunakan semua saham yang tercatat sebagai komponen penghitungan indeks
·         Indeks LQ 45, yaitu indeks yang terdiri 45 saham pilihan dengan mengacu kepada 2 variabel yaitu likuiditas perdagangan dan kapitalisasi pasar. Setiap 6 bulan terdapat saham-saham baru yang masuk kedalam LQ 45 tersebut.
·         Indeks Syariah atau JII (Jakarta Islamic Index). JII merupakan indeks yang terdiri 30 saham mengakomodasi syariat investasi dalam Islam atau Indeks yang berdasarkan syariah Islam.
·         Indeks Papan Utama dan Papan Pengembangan. Yaitu indeks harga saham yang secara khusus didasarkan pada kelompok saham yang tercatat di BEI yaitu kelompok Papan Utama dan Papan Pengembangan
·         Indeks KOMPAS 100. merupakan Indeks Harga Saham hasil kerjasama Bursa Efek Indonesia dengan harian KOMPAS
21.  Bagaimana perhintungan indeks harga saham gabungan BEI dilakukan?
Perhitungannya dilakukan dengan menggunakan rata-rata tertimbang dari nilai pasar dan nilai pasar untuk suatu saham di hitung sebagai perkalian antara jumlah lembar saham dg harga penutupan pasar.

3 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus